Sedikit berucap

Apa yang kita lakukan bila urutan kematian alamiah menempatkan kita di antrean berikutnya, ketika kita tak lagi bisa bersembunyi dibalik pikiran " Ini bukan giliranku"?

- Mitch Albom

Monday, January 2, 2012

Buku : Radikal itu menjual, Joseph heath dan Andrew potter


Apa yang ada dikepala dan dihati mu ketika sekian lama kau mengira apa yang telah kau lakukan saat ini dan saat-saat kemarin adalah gerakan yang radikal, gerakan yang kau kira dapat membentuk budaya tanding yang dapat membuat "kapitalisme" atau hal-hal yang kau anggap "pasaran" akan musnah ternyata adalah gerakan yang  malah menyuburkan kapitalisme atau hanya membuka hal-hal baru yang sifatnya akan menjadi "pasaran" nantinya.

Mungkin inilah yang ada didalam buku ini, dimana kedua penulis ini dengan bahasa yang begitu jelas, menusuk dan menyindir para pemberontak-pemberontak budaya tanding. Dengan berbagai contoh kasus kedua penulis ini memberikan gambaran bagaimana budaya tanding itu menjadi penyubur kapitalisme itu sendiri. Budaya tanding yang digembor-gemborkan oleh para "pemberontak" sebagai alternatif atau pembeda dari hal-hal yang dianggap "pasaran" kini berbalik menjadi hal yang tidak alternatif lagi, hal yang menjadi pasaran, tidak ada pembeda. Siapa sangka, perusahaan atau produk yang sekarang menjadi perusahaan multinasional dulunya adalah produk yang diharapkan akan menjadi produk yang membentuk budaya tanding, heh.

Mulai dari Hippies - Punk, Freud, American beauty-Fight club, Nike, Kurt Cobain, Konsumerisme-Konsumsi kompetitif, Pemberontakan kulit hitam sampai Sayuran organik mereka coba bongkar dan ulas bagaimana nama dan istilah diatas bekerja dan memberikan pengaruh kepada masyarakat budaya tanding.

nb: Buku ini saya beli sekitar tahun 2010 lalu, dan sekarang sudah yang ke tiga kalinya saya baca. Ada perasaan yang janggal dan merasa di tusuk ketika pertama kali membaca buku ini, namun setelah dibaca lagi dan coba dikembalikan kedunia nyata sekarang ini, saya menganggap buku ini ada benar nya juga. Tapi, menurut saya tidak semua benar atau sekarang sudah terbalik. Buku yang bagus, pas buat siapa saja yang menganggap dirinya adalah pemberontak budaya tanding masa kini. :)